終於正式進入課本第三課啦!
第三課都是基本句型,那些 who, what, what time, where, how, how much etc~
真不懂幹嘛分散著句型+動詞分批慢慢來
分批來的話,課文跟上課還可以有點主題增加互動
學起來應該會更有效率跟趣味阿~
這樣動詞都還沒背完,句型就來了,完全沒有循序漸進的課程編排
果然印尼文教材跟印尼人ㄧ樣很無厘頭阿~

因為身體微恙的關係,我根本沒怎麼複習
我的腦袋還停留在上個禮拜的進度
上次好不容易背住ㄧ些的動詞,這幾天又差不多忘光了:P
除了句型,第三課還有ㄧ些 "在上面、前面、後面、左轉右轉等" 的片語
算是很實用的ㄧ課,又要背了.... 記憶體快暴了


今日句型

1. dari/ke/di mana = where

dari (from) mana
dia dari rusia
he/she from russia
dia dari mana?
where does she from?

ke (to) mana
mereka mau pergi ke Plaza Senayan
they      want to go to
mereka mau pergi ke mana?
where do they want to go?

di (at) mana
Fira akan belajar musik di London
        will    study   music  at 
Fira akan belajar musik di mana?
where will Fira study music at?



2. dengan/untuk siapa= who(m/se)

dengan (with) siapa
Yuli akan tinggal degan teman dia
        will    live       with    his friend
Yuli akan tinggal dengan siapa?
whom will Yuli live with?

untuk (for) siapa
Saya mau membeli oleh-oleh untuk pacar saya
          want to buy    souvenir for my girlfriend
Anda mau membeli oleh-oleh untuk siapa?
who do you want to buy souvenir to?

siapa (who/whose)
Kami sedang menunggu teman
           are waiting for a friend
Kami sedang menunggu siapa?
who are we waiting for?

Ini buku teks Amir
this book text
Ini buku teks siapa?
whose book is this?

Ibu Dian guru biologi kami
Mrs Dian is our biology teacher
Ibu Dian guru biologi siapa?
whose biology teacher is Mrs Dian?

punya siapa (whose)
Yanto punya mobil BMW ini
           has       car
siapa punya mobil BMW ini?
who has a BMW car?
mobil BMW ini punya siapa?
whose BMW car is this?



3. dengan/untuk/naik apa= what

dengan (with) apa
ibu itu membayar dengan kartu kredit
             to pay          with      card  credit
ibu itu membayar dengan apa?
what(how) does this woman pay with?

untuk (for) apa
uang ini untuk membeli kamus
money                                dictionary
uang ini untuk apa?
what is this money for?

naik (by) apa
mereka pergi ke kampus naik bis kota
                              campus           bus city
mereka pergi ke kampus naik apa?
By what(how) do they go to campus?

apa (what)
pak Yan sedang menunggu telepon dari istri dia
                is waiting for                        from his wife
pak Yan sedang menunggu apa?
what is Mr Yan waiting for?

guru Bahasa Jepang saya orang Indonesia
teacher
guru Bahasa Jepang anda apa?
what(nationality) is your Japanese language teacher?

ini majalah bisnis dan ekonomi
    magazine business and economic

ini majalah apa?
what is this magazine?

pak Marto dosen matematika di universitas itu.
                    professer math
pak Marto dosen apa di universitas itu.?
what teacher is Mr Marto at that university?



4. (ke) berapa = how much

berapa (how much)
harga kamus Indonesia-Inggis ini Rp. 50,000.00
cost 
harga kamus Indonesia-Inggis ini berapa? / berapa harga kamus Indonesia-Inggis ini ?
how much does this Indonesian-English dictionary cost?

ke berapa (at which place)  第幾個(小孩)
dia anak ke empat
       child    at  4th
he/she is the 4th child 他是第四個小孩
dia anak ke berapa?
at which(place) is he/she? 他是第幾個小孩?



5. ada = has/have有, there is/was/are/were在

ada (has)
saya ada biskuit.
i have biscuit 我有餅乾
rumah dia ada kolam renang
his/her house has a swimming pool. 他們家有游泳池

ada (is)
anak mereka ada di bandung
their child is in Bandung 他們的小孩(有)在Bandung
rumah dia ada di depan apotik
his/her house is in front of the pharmacy 他們家(有)在藥局對面

課本裡,還有上課的時候 對於ada的解釋著墨很多
這個用英文解釋可能比較麻煩,需要多敘述
不過用中文真的很簡單,"有"可以用在人身上,也可以用在地方東西上
ada後面如果放了 di (跟地方有關係的介詞),就變成"在"了~
我覺得也可以用"有在"的方式來記,就很容易啦~




今日單字

sama  same            beda  different     berbeda  to differ
siap  to be ready    
kadang-kadang  sometimes
terkenal  famous   

kentang  potato     daging  meat       sayor  vegetable     buah  fruit
garam  salt              asin  salty
gula  sugar              manis  sweet
kue  snack/cake     makanan kecil  small food/snack
keju  cheeze

olah raga  sports    raga  body
labangan golf  golf field(course)
tenis  tennis           basket  basket     bola  ball/football     sepak(kick) bola  soccer
kolam renang  swimming pool        berenpang  to swim

oleh-oleh  souvenir
hadiah  present       ulang tahun  repeat year/birthday
hadiah ulang tahun  birthday present

berkunjung ke  to visit at
bercanda  to joke    bercanda saja  just joking
cinta  to love
berbeda  to differ
berenpang  to swim
siap  to be ready    

satu-satunya  only one
tunggu sebentar wait a moment

lokasi
  location

di atas
  on/above                                  di bawah  under below
di depan
  in front of                             di belakang  at back/behind
di seberang   across

kanan  right               kiri  left              sebelah  side

di sebelah kanan  at the right side    di sebelah kiri  at the left side
di samping/di sebelah  beside/next to
dekat
  close to

di antara
  between
di dalam
  inside/in                                di luar  outside


Special Notes

boleh  may - permission
bisa  can - ability

menjemput di  to pick up at   already at (place)
mengantar ke  to drop to   future/ not arrive yet (place)

menerima dari  to receive from   already at (place)
megirim ke  to send to  future/ not arrive yet (place)

dengan+形容詞﹦形容詞ly
berbicara BI dengan lancar  to speak fluently
to speak              -ly    fluent
membaca dengan kelas  to read loudly
  to read         -ly    loud
另一個有趣的文法,
我還是不覺得印尼文是簡單的
但是印尼文的邏輯跟西方語言有點不太ㄧ樣
不過有部份理解的方式卻跟中文很類似
像是ada的"有",boleh可以   bisa能(力)
mengirim送/寄、menerima收/受、mendapat得到、memberi給 等

也許印尼文法上沒有西方語言那麼煩瑣
但是概念上的理解,卻要比時勢那些來的抽象些
就好像中文,看起來都像沒文法,但事實上還是有ㄧ定邏輯~




*****

哎唷我的媽,感覺好多東西都還沒塞進腦袋裡阿~~
我覺得這期念完應該可以再念ㄧ次初級班
不然根本都還沒消化完又要學新的
這樣學ㄧ課忘ㄧ課,好像左耳進右耳出ㄧ樣
根本就記不住麻@@~~
arrow
arrow
    全站熱搜

    lebacon 發表在 痞客邦 留言(1) 人氣()